Mengatasi Malaria Secara Alami

Malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit plasmodium yang penyebarannya dilakukan oleh nyamuk anopheles betina. Ada 3 gejala klinis dari malaria yang paling menonjol yaitu demam (bisa mencapai lebih dari 40 derajat sehingga menyebabkan menurunnya kesadaran), anemia, dan pembesaran limpa. Diantara berbagai jenis malaria, yang paling berbahaya dan sering kali kebal terhadap obat-obat malaria adalah malaria tropika.

Biasanya dokter sangat mencurigai adanya malaria jika pasien mengeluh badan sakit dan lesu, perut sakit dan kadang-kadang disertai mual, menggigil, demam tinggi, lalu berkeringat kemudian panas turun. Ini adalah khas gejala malaria. Di Indonesia ada daerah-daerah tertentu yang disebut daerah endemis malaria (daerah dimana angka penderita malarianya tinggi) sehingga setiap orang yang hendak masuk ke wilayah tersebut harus meminum obat tertentu agar terlindungi dari serangan penyakit malaria, daerah itu antara lain daerah Kalimantan, dan Papua.

A. Untuk Perlindungan :

1. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan minum campuran sbb.:

- 25 gram bunga mawar segar masukkan kedalam mangkuk berisi 250 cc madu sampai seluruh kelopaknya terbenam, masukkan mangkuk tersebut kedalam wadah berisi air dengan suhu kira-kira 60 derajat Celcius selama 1 jam, kemudian diangkat, wadah ditutup rapat dan disimpan 1 malam, kemudian disaring, masukkan air saringan kedalam wadah terbuat dari kaca, simpan selama 1 minggu, lalu siap diminum 3 kali sehari @ 2 sendok makan .
- Pertahankan kebutuhan air anda minimal 30 cc/kg bb/hari dalam keadaan cuaca sejuk .

2. Buatlah campuran 3 kuntum bunga kenanga kering ditambah 1 gelas air panas, diamkan sampai air menjadi dingin, kemudian diminum setiap hari sejak 2 hari sebelum memasuki daerah endemis .

B. Pengobatan Malaria :

1. Pengobatan panas :

- 1 buah jeruk nipis diperas, diambil airnya + 3 buah bawang merah diparut atau ditumbuk + 1 sendok makan minyak kelapa, kemudian tambahkan kira-kira 100 cc air, dipakai untuk kompres pada kepala, sekitar pusat dan lipat paha .
- Minumlah cincau 3 kali sehari @ 1 gelas, sebagai pemanis boleh tambahkan madu atau gula merah

2. Pengobatan Malaria :

- Bunga Belimbing manis kering 15 – 24 gram diseduh dengan 1 cangkir air panas, diamkan 10 – 15 menit lalu disaring dan diminum dua kali sehari .

3. Pengobatan anemia : dengan menggunakan campuran madu mawar seperti tersebut diatas .
4. Mintalah pertolongan Allah SWT . Dalam setiap sakit dan sehatnya seorang mukmin, kedekatan kepada Allah adalah menjadi tolok ukur cinta kepadaNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar