Mengatasi Katarak Secara Alami

Katarak adalah kekeruhan pada lensa yang terjadi akibat penambahan cairan di lensa, pemecahan protein lensa, atau kedua-duanya. Sebagian besar timbul pada usia tua sebagai akibat pajanan terus menerus terhadap asap rokok, radiasi ultraviolet, dan peningkatan kadar gula darah. Sebagian katarak berhubungan dengan penyakit mata (glaukoma, ablasi, retinitis pigmentosa, trauma, uveitis, miopia tinggi, penggunaan tetes mata steroid, tumor mata) atau penyakit sistemik (diabetes, rubela kongenital, distrofi miotonik, dermatitis atopik, Down syndrome, keturunan, radiasi sinar X,dll.).

Pasien dengan katarak mengeluh penglihatan seperti berasap dan tajam penglihatan menurun. katarak bisa juga terjadi pada usia muda, ini disebabkan hal-hal berikut:

a. Benturan pada bola mata yang berakibat rusaknya lensa mata.
b. Adanya penyakit metabolik seperti kencing manis dll.
c. Efek penggunaan obat tertentu, misalnya saya pernah mempunyai pasien dengan katarak pada usia 27 tahun karena yang bersangkutan minum jamu untuk menggemukkan badan yang sangat saya curigai mengandung dexamethason .
d. Katarak yang terjadi sejak lahir bisa disebabkan adanya infeksi rubella kongenital.

Ikhtiar yang dapat dilakukan adalah :

1. memperbaiki pola hidup dengan pola hidup sehat. Lakukan olah raga semampu kita, atur makanan yang masuk ke perut anda dengan, berhenti makan sebelum kenyang, makan aneka ragam makanan, habis makan jangan langsung tidur, minumlah air sesuai kecukupan, dll.

2. Ibnul Qayyim Aljauziah menjelaskan dalam kitab ath-thibbun Nabawy bahwa Seseorang mengeluh sakit mata, lalu Rasulullah SAW menganjurkan kepadanya untuk melihat mushaf Alqur’anul karim. Memandang Alqur’an saja menyehatkan mata apalagi membacanya, saya yakin akan memberi manfaat lebih lagi dan lebih lagi .

3. makanlah kurma sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi anemia. Kurma juga dikatakan mengandung aspirin alami.
4. untuk membantu pengobatan katarak buatlah ramuan sbb. :

wortel 100 gram + madu 300 cc + air matang 250 cc
cara membuatnya adalah, wortel dicuci bersih lalu dipotong tipis-tipis, lalu diblender campur 250 cc air matang, lalu campuran direbus sampai tinggal kira-kira 150 cc, disaring, ampas dibuang, larutan didiamkan sampai hangat, lalu tambahkan 300 cc madu, aduk sampai rata . diminum 3 X sehari @ 2 sendok makan .

5. untuk meningkatkan ketajaman mata buatlah bubuk ketepeng dicampur dengan air teh, lalu oleskan di pelipis dan disepanjang batas atas alis mata setiap pagi dan petang .

Marilah kita terus berpikir keras dan bekerja keras mencari alternatif pemeliharaan kesehatan yang Halal – Islami – Manfaat – Murah – Aman – Holistik/ HIMMAH. Mari kita ubah paradigma berobat kita sebagaimana dianjurkan Rasul SAW dan para salaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar