Mengatasi Kebotakan

Kebotakan genetic pada pria/Androgenetic alopecia adalah kebotakan pada pria dewasa yang biasanya merupakan botak keturunan dari orang tua. Penelitian menunjukkan bahwa 33% persen pria yang mengalami kebotakan genetic ini memiliki riwayat orang tua yang mengalami kebotakan serupa. Penelitian di amerika 30% pria mengalami kebotakan genetic ini pada usia 30 tahun dan lebih dari 50% pria mengalaminya pada usia diatas 50 tahun. Penyebab pasti belum diketahui, para ahli menduga bahwa ini berhubungan dengan hormone testosterone, masih belum diketahui pasti kenapa hormone testosteron yang pada daerah ketiak, pubis dan dada pria dia merangsang pertumbuhan rambut namun kenapa pada kepala malah menyebabkan kerontokan, dugaan sementara orang yang mengalami kebotakan tersebut pada folikel rambutnya ditemukan lebih banyak reseptor androgen.

Untuk itu saya anjurkan pengobatan tradisional dibawah ini sekurangnya untuk membantu meringankan proses kebotakan. Ada 3 prinsip pengobatannya:

1. Mengembalikan keseimbangan tubuh secara umum

Yaitu menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan upaya relaksasi untuk menenangkan pikiran.

2. Memperbaiki pengaruh genetic

Menata ulang mental pattern yaitu sikap hidup yang lebih teratur, lebih menikmati, mensyukuri nikmat Allah, dan memperbaiki rasa percaya diri. Dari aspek kejiwaan dikatakan bahwa kebotakan biasanya dipicu oleh rasa tidak yakin terhadap adanya siklus kehidupan yang naik turun. Pada waktu siklus dibawah kita bertanya terus kapan kesulitan hilang, sementara jika siklus kehidupan diatas kita khawatir Allah akan mencabut kembali rahmatNya. Banyak-banyaklah membaca surah Al-Insyirah.

3. Pengobatan pada kulit kepala

Ada beberapa ramuan yang insya Allah akan membantu mengatasinya, yaitu :
- 25 gram asam jawa tua (asam kawak) dicampur 500 cc air bersih dihancurkan, dipakai untuk mengurut rambut kepala, diamkan 2 jam, lalu keramas dengan shampoo bayi, lakukan tiap hari, atau
- Belilah minyak jarak di toko herbal, gunakan untuk mengurut kulit kepala, lakukan seminggu sekali, biarkan 2 jam lalu keramas dengan shampoo bayi

4. Dalam menjalani pengobatan ingatlah 3 pilar kesabaran yaitu Usaha-Do’a-Tawakkal insya Allah proses penyembuhan akan berjalan lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar