Sinus dan Cara Menanganinya


Sinusitis adalah radang selaput permukaan kantong sinus yang letaknya memang disekitar hidung, bisa dipangkal hidung atau dipipi atau diatas mata tergantung rongga mana yang terkena, yang paling sering adalah didaerah pipi yang disebut sinusitis maksilaris dan di pangkal hidung yang disebut sinusitis etmoidalis, bila mengenai semua kantung/sinus paranasal disebut pansinusitis.

Gejala sinusitis demam dan lesu, ingus kental kadang-kadang berbau, nyeri di daerah kantong sinus yang bisa menjalar kedaerah lain di muka. Variasi lokasi nyeri bisa kearah kelopak mata, pada sinusitis di kepala bagian muka rasa nyeri bisa dirasakan di seluruh kepala, dan seterusnya.

Pemeriksaan yang sering dilakukan adalah foto rontgen kepala yang bisa membantu memperjelas diagnosis sinusitis. Biasanya hasil rontgen menyebutkan tampak perselubungan atau penebalan selaput permukaan dengan batas garis khayalan yang terbentuk karena beda zat cair dan udara pada sinus yang sakit. Ada beberapa Faktor yang bisa mencetuskan terjadinya sinusitis atau juga yang menjadi faktor yang memperberat kesakitan yaitu :

• Sumbatan mekanis di hidung yang bisa disebabkan tulang hidung yang bengkok atau tidak simetris, pembengkakan selaput lendir hidung, adanya benda asing di hidung, polip atau tumor di hidung
• Pilek karena adanya alergi
• Pengaruh lingkungan : polusi udara, asap rokok, cuaca yang dingin dan kering

Kesemua keadaan ini bukan penyebab namun bisa memicu terjadinya sinusitis, sehingga disamping pengobatan dengan obat-obatan perlu juga kita menghindari/mengatasi faktor-faktor pencetus itu yang bermanfaat mengurangi kekambuhan dan atau memperburuk kesakitan.

Memang pada pengobatan konvensional biasanya dokter memberikan antibiotika dan obat-obat anti peradangan, jika ada keluhan nyeri dokter akan memberikan analgetika/anti nyeri . dalam metode pengobatan tradisional tidak dikenal obat spesifik untuk sinusitis namun saya anjurkan pengobatan yang meringankan penderitaan dan membantu penyembuhan sbb.:

- Hindarilah cuaca dingin dan angin yang kencang karena akan menurunkan daya tahan tubuh dan bisa mengakibatkan kekambuhan.
- Jangan minum es ataupun minuman yang dingin.
- Hindari debu, asap rokok, dan polusi lain dengan menutup hidung ataupun menggunakan masker.
- Minumlah kapsul sambiloto ekstrak 500 mg 3 X sehari @ 1 kapsul.
- Buatlah rebusan yang terdiri dari

3 jari jahe merah + 1 batang bonggol sereh + 7 biji cengkih + 7 biji kemukus + 7 biji kapulaga

Cara pembuatan: jahe dimemar kemudian masukkan dalam wadah keramik, campurkan dengan semua bahan kemudian dimasak dalam 5 gelas air sampai tinggal 3 gelas, saring, dinginkan, tembahkan madu sebagai pemanis secukupnya . diminum 3 kali sehari. Lakukan selama 3 minggu berturut-turut. Insya Allah membantu kesembuhan.


Sumber : www.facebook.com/SehatItuHarus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar